Kamis, 25 Januari 2024

 Ilmu Komunikasi UMM



    Universitas Muhammadiyah Malang adalah salah satu kampus islam swasta terbesar di Indonesia dengan jumlah program studi sebanyak 63 program studi. Salah satunya adalah program Studi Ilmu Komunikasi, yang berdiri sejak tahun 1986. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Prodi ini terus bergerak maju sehingga memperoleh berbagai rekognisi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sejak tahun 2021, Komunikasi UMM resmi menyandang sertifikat penjaminan mutu dari Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Capaian tersebut menyusul dipertahankannya predikat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tiga kali berturut-turut sejak tahun 2009 hingga sekarang. Dari pihak swasta, Komunikasi UMM juga dikategorikan sebagai Indonesia Best Schools of Communications and Management versi Majalah Mix tahun 2013 sampai 2015.  

Ilmu Komunikasi UMM dikenal dengan sebutan IKOM UMM. Salah satu jurusan dengan peminat tertinggi dan mahasiswa terbanyak di Universitas Muhammadiyah Malang. IKOM UMM memiliki 3 pilihan penjurusan atau peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa saat berada di semester 3. peminatan tersebut diantaranya Public Relations and Creative Branding, Content Creation and Journalism, dan Creative Audio Visual Communication. 

Adanya peminatan ini juga menjadi salah satu alasan saya untuk memilih jurusan ini ketika mendaftar pada Universitas Muhammadiyah Malang. Saat ini saya sedang berada di semester 7 dan dapat dikatakan bahwa ini merupakan semester akhir saya untuk dapat dikatakan sebagai mahasiswa. Selama 7 semester dengan kurun waktu kurang lebih 3,5 tahun saya telah mendapatkan banyak pengalaman dan cerita yang dapat saya sampaikan terkait dengan kehidupan saya selama menjalani perkuliahan di jurusan Ilmu Komunikasi UMM dengan Peminatan yang saya pilih yaitu Public Relations and Creative Branding. 

Pada peminatan ini saya dituntut untuk kritis dalam menanggapi beberapa permasalahan yang terkait dengan branding dan hal-hal yang berkaitan dengan dunia humas. Tidak hanya dituntut untuk berpikir kritis, namun saya juga dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah dengan solusi yang kreatif namun tetap pada etika kehumasan yang telah dipelajari.

Perbedaan IKOM UMM yang mungkin belum ada di kampus lainnya adalah kegiatan praktikumnya. Mata kuliah praktikum di prodi ini dilaksanakan selama 3 semester dengan melibatkan klien real yang ditentukan oleh mahasiswa sendiri. Dalam praktikum ini, kami dituntut untuk dapat menjalin komunikasi yang baik dengan klien, membantu klien menemukan permasalahannya terkait dengan branding dll, menemukan solusi bagi klien yang sedang mengalami kesulitan melalui cara-cara kreatif seperti pembuatan majalah atau media komunikasi, branding media sosial serta pembuatan event. 

Prospek kerja kedepan pun masih sangat luas karena para lulusan Ilmu Komunikasi mampu untuk masuk kedalam beberapa bidang. Apabila kalian merupakan seseorang yang mudah bergaul ataupun tidak mudah bergaul namun memiliki passion dibelakang layar seperti sutradara atau editing maka jurusan ini cocok untuk kamu pilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Ada Apa Aja di UMM? Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. UMM sendiri memili...